Breaking News
Loading...
Saturday, 21 July 2012

  • Zabuza Momochi
Zabuza Momochi adalah salah satu antagonis pada serial Naruto yang memiliki jurus berelemen air seperti nindaime.
Zabuza Momochi
(桃地再不斬)
Karakter dalam manga Naruto
Debut:Episode 6: A Dangerous Mission: Journey to the Land of Waves!
Pengisi suara (versi bahasa Jepang):Unshou Ishizuka
Profil
Desa asal: Kirigakure
Tingkatan ninja:Jonin
Hari ulang tahun:August 15
Umur:26
Golongan darah:A
Warna mata:Cokelat tua
Warna rambut:Hitam
Berat badan:72.1
Tinggi badan:183
Keahlian
Jutsu:Kirigakure no Jutsu
Mizu Bunshin no Jutsu
Silent Killing
Suiro no Jutsu
Suiton: Daibakufu no Jutsu
Suiton: Suiryudan no Jutsu
Perjalanan Seorang setan

Di desa air, untuk menjadi seorang ninja hebat maka mereka akan diletakkan di sebuah tempat yang mana mereka harus berjuang dengan cara membunuh temannya sendiri. Tetapi cara ini kemudian tak digunakan lagi karena seorang anak yang bukan bagian dari ninja telah masuk membantai semua peserta yang ada.
Dimasa lalu seorang anak yang mendapat titel setan hadir. Anak itu adalah Zabuza yang terbuang dari desanya sendiri. Dalam perjalanan dia melihat seorang gadis yang dibawanya ikut dalam perjalanannya.

Haku

Nama pemuda itu adalah Haku yang merupakan keturunan terakhir dari klan yang dapat mengubah darahnya menjadi senjata. Ayahnya adalah orang biasa yang terkejut mengetahui sang anak bisa memakai kemampuannya.
Dengan perasaan tak pasti, sang ayah membunuh Ibu dan sang Anak agar tidak ditemukan oleh militer. Tetapi nasib berkata lain, sang anak berhasil membunuh sang ayah dan berujung dia menjadi stress hingga ditemukan oleh Zabuza.
Haku adalah perempuan tulen, kisah hidupnya yang berat dan tanpa pergaulan dengan sesamanya selain Zabuza membuat dia berubah menjadi seorang pria. Haku sering disalah-pahamkan sebagai seorang lelaki. Padahal Haku hana menipu lawan-lawannya untuk menyembunyikan identitas aslinya. Hidupnya diutamakan sebagai sebuah alat/senjata untuk melindungi tuannya.

Mafia Penguasa Desa

Perjalanan mereka berdua sampai di desa yang dikuasai oleh Mafia jahat dan Zazuba berhasil menjadi salah satu orang penting di desa tersebut. Dan juga salah satu pembantai dan penyebar teror pada desa tersebut. Salah satunya menghalangi pembuatan jembatan.

Sang pahlawan

Seorang lelaki misterius datang dan membawa hal berbeda pada desa tersebut. Untuk mencegah para penduduk menjadi kuat, Zabuza melakukan teror dan salah satunya membunuh sang pria malang tersebut. Kejadian ini juga mengakibatkan seorang anak kehilangan arti seorang pahlawan.

Kejatuhan Zabuza

Bertahun-tahun berlalu hingga seseorang bertopeng dan 3 muridnya datang ke desa tersebut. Mereka adalah Kakashi dan muridnya. Mengetahui bawahannya gagal mengatasi mereka, Zabuza memutuskan menghadapi mereka sendiri tetapi ternyata kalah di tangan Kakashi dan muridnya.
Dalam kegentingan tersebut bantuan datang dari Haku yang berpura-pura membunuh Zabuza. Karena kekuatan Zabuza yang lemah itu, mereka memutuskan menghindar dari pertarungan.

Balas Dendam

Zabuza kembali menantang Kakashi dan Haku melawan muridnya (Sasuke). Keadaan berjalan imbang sampai Naruto datang dan mengalahkan Haku. Haku yang pasrah pada dirinya meminta Naruto untuk menyelesaikannya. Tetapi di saat terakhir, dia putuskan dirinya menjadi tameng hidup bagi Zabuza.

Akhir Hidup

Akhir hidup Zabuza adalah saat Zabuza ingin membunuh Gatou (Bos Mafia). Zabuza dihalangi oleh anak buah Gatou dan menusuk tubuh Zabuza dengan pedang yang banyak. Tetapi Zabuza masih bertahan sampai ia berhasil melawan Gatou. Sebelum kematian Zabuza,Haku mengorbankan hidupnya untuk Zabuza saat Kakashi mengeluarkan Chidori. Chidori itu diarahkan kepada Zabuza,tetapi Haku menghalangi Kakashi dan Hakulah yang terluka dan meninggal. Reaksi Zabuza saat melihat mayat Haku tegeletak di jalan biasa saja. Tetapi saat Naruto membuat Zabuza sadar bahwa Haku bukanlah alat tetapi manusia yang sangat mencintainya. Karena mimpi Haku adalah membuat Zabuza puas di hidupnya. Akhirnya Zabuza sadar dan menangis,lalu Zabuza mengaku kalah kepada Kakashi dan Naruto. Zabuza sangat marah kepada Gatou dan mencoba membunuhnya saat itu. Zabuza yang kehilangan Haku, menyatakan dia kagum pada Haku yang mengorbankan dirinya, walau dalam hatinya dia terluka.
Kakashi kemudian menuruti permintaan Zabuza untuk memberikan kunainya kepada Zabuza untuk menyelesaikan masalah dirinya. Dengan luka parah disekujur tubuhnya karena pertarungan terakhir dengan Kakashi dan serangan para preman yang dibawa bosnya. Dirinya berakhir di depan Bosnya sendiri dan kemudian membunuhnya. Saat Zabuza berhasil membunuh Gatou,ia pun berjalan menuju Haku dan meminta maaf atas semua perbuatannya selama ini. Lalu ia tergeletak jatuh. Zabuza meminta kepada Kakashi untuk membawanya ke samping Haku. Lalu Kakashi menggendongnya ke samping Haku. Tiba-tiba Salju muncul di tengah musim panas. Semua pun kaget. Saat ia melihat Haku untuk terakhir kalinya,ia mengatakan bahwa Zabuza ingin ke tempat yang sama seperti Haku,surga.

  • Haku
Haku (白 haku?) adalah salah satu tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Ia berasal dari Negara Air, sebuah negara fiktif dalam seri Naruto. Ia menjadi ninja setelah bertemu dengan Zabuza Momochi, seorang ninja dari Desa Kabut.
Haku
(白)
Haku
Karakter dalam manga Naruto
Debut:manga bab 15, anime episode 9
Pengisi suara (versi bahasa Jepang):Mayumi Asano
Profil
Desa asal: Kirigakure
Tingkatan ninja:Jonin
Hari ulang tahun:January 9
Umur:15
Golongan darah:O
Warna mata:coklat tua
Warna rambut:hitam
Berat badan:48 kg
Tinggi badan:170,4 cm
Keahlian
Jutsu:Makyo Hyosho
Sensatsu Suisho
Latar Belakang

Haku lahir di sebuah desa bersalju di Kirigakure, dimana orang-orang di desa tersebut takut memiliki kekkei genkai karena orang yang memiliki kemampuan tersebut akan dibawa ke dalam peperangan yang akan mengakibatkan kehancuran keluarganya sendiri. Ibu Haku adalah salah satu orang yang memiliki kekkei genkai tersebut, yaitu kemampuan untuk memanipulasi air. Tanpa disangka, Haku juga mewarisi kemampuan Ibunya tersebut. Haku pun diperingatkan Ibunya untuk tidak memberitahukan kemampuan mereka kepada siapapun, termasuk ayahnya. Rahasia ini tetap terjaga sampai ayahnya melihat Haku sedang bermain-main dengan memanipulasi air. Ayahnya pun kemudian membunuh istrinya sendiri dan berusaha untuk membunuh Haku juga, namun ketika dalam keadaan panik secara tidak disengaja Haku telah membunuh ayahnya sendiri. Hal ini membuatnya menjadi seorang yatim piatu dan pengemis. Sampai ketika Ia ditemukan oleh Zabuza Momochi, Haku bersedia menjadi pengikutnya dan menjadi senjata untuknya.

Karakteristik

Haku adalah laki-laki yang sering disalah pahamkan sebagai seorang gadis. Padahal Ia hanya ingin menipu Naruto. Haku menipu lawan-lawannya untuk menyembunyikan identitas aslinya. Karena Haku adalah lelaki tulen, maka Zabuza menganggapnya seorang gadis. Haku adalah ninja berhati lembut dan perhatian. Haku bukan tipe ninja yang suka membunuh.
Haku memperlihatkan kemampuankekkei genkai kepada ibunya
Haku menguasai Hyoton, yaitu jurus yang menggabungkan elemen angin dan air, sehingga menciptakan es.Ketika Ia tengah bertarung melawan Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha, Ia menciptakan sebuah jurus "cermin es". Hal ini membuat Haku dapat berpindah-pindah tempat dalam cermin-cermin es sehingga membuat musuhnya tidak tahu mana tubuh aslinya.Haku juga pandai dalam ilmu anatomi manusia, terlihat ketika Ia dapat membunuh Zabuza sementara hanya menggunakan jarum pada sasaran yang tepat.Kakashi mengira hal ini disebabkan karena Zabuza yang dulu merupakan anggota ANBU Kirigakure, sehingga Ia bisa mengajari Haku berbagai detail tubuh manusia. Ia juga dapat dengan cepat mengamati gerak-gerik musuh, terutama pada saat Sasuke menyerangnya dengan menggunakan sharingan, Haku dapat mengatasi gerakannya dengan mudah.

Akhir Hidup

Pada saat Haku melawan Naruto Uzumaki dan Sasuke Uchiha, Ia berhasil melumpuhkan Sasuke yang membuat Naruto menjadi sangat marah dan agak berubah menjadi miniatur kyuubi.Haku yang melihat kekuatan yang sangat besar dan mengerikan dari Naruto, akhirnya menyerah dan meminta Naruto untuk membunuhnya. Ketika Naruto menanyakan alasannya, Haku menyatakan bahwa Ia mungkin sudah tidak berguna lagi bagi Zabuza. Namun, sebelum Naruto sempat membunuh Haku, Ia tiba-tiba mencegah Naruto dan berlari menuju arah Zabuza untuk menjadi tumbal atas chidori milik Kakashi yang seharusnya ditujukan untuk Zabuza, sehingga Ia pun meninggal. Zabuza yang tidak memedulikan hal itu, tetap bersikeras untuk membunuh Kakashi.Namun Naruto yang melihat hal itu memperingatkan Zabuza bahwa Haku telah menganggapnya sebagai orang yang berharga. Zabuza akhirnya mengerti perasaan sesungguhnya Haku padanya. Ketika Gato datang ke tempat pertarungan, Gato memutuskan untuk membunuh dan memecat Zabuza karena tidak bisa membunuh lawan. Terlebih lagi, Gato menginjak mayat Haku yang membuat Zabuza menjadi sangat geram. Zabuza berhasil membunuh Gato dengan sebuah kunai, namun Zabuza juga terluka parah karena harus melewati orang-orang yang melindungi Gato. Kematiannya diiringi oleh kata-kata terimakasih Zabuza dan salju di musim panas.

  • Orochimaru
Orochimaru adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Nama "Orochimaru", seperti halnya Jiraiya dan Tsunade diambil dari sebuah literatur kuno Jepang, Jiraiya Goketsu Monogatari (児雷也豪傑物語, "Legenda Jiraiya yang pemberani"). Orochimaru dalam legenda tersebut berperan sebagai murid Jiraiya sebelum akhirnya terinfeksi oleh sihir ular. Dalam mitologi Jepang, ular berkepala delapan, ketika terbunuh, mengeluarkan sebuah pedang bernama Kusanagi dari ekornya; Orochimaru memiliki Kusanagi ini pada cerita Naruto, dan menggunakannya ketika bertarung melawan Hokage Ketiga, dia juga pernah menggunakan pedang ini ketika menghadapi Jiraiya dan Tsunade, dan terakhir, ia menggunakannya untuk melawan Naruto (yang ketika itu berbentuk rubah ekor empat). Dalam film Naruto: Ultimate Ninja, pedang Kusanagi disebut sebagai Grass Halberd, sebuah plesetan dari arti yang sebenarnya, Grass-Cutter atau pemotong rumput.
Orochimaru berjenis kelamin laki-laki, tetapi suaranya seperti perempuan. Ini dilakukan untuk membuatnya terlihat lebih kejam, sama seperti tokoh Frieza dalam anime Dragon Ball Z. Faktanya, pada awal serial Naruto, dia benar-benar terlihat seperti wanita karena ia menggunakan tubuh seorang ninja yang berjenis kelamin wanita. Sebagai tambahan, dalam cerita singkat masa lalu (flashback), dia merekut anggotanya dengan menyamar sebagai wanita yang menggunakan kimono, dengan sebuah busur panah besar di punggungnya.
Orochimaru
(大蛇丸)
Orochimaru
Karakter dalam manga Naruto
Debut:Manga Chapter 45
Anime Episode 27
Pengisi suara (versi bahasa Jepang):Kujira
Yuriko Yamaguchi (sebagai Ninja Daun)
Mayumi Yamaguchi (sebagai Orochimaru kecil)
Sachiko Kojima (sebagai Orochimaru yang menyamar menjadi wanita)
Profil
Desa asal: Konohagakure
 Otogakure
Tingkatan ninja:Missing-nin (Ninja pelarian)
Hari ulang tahun:27 Oktober
Umur:50-51 di serial Naruto
53 di serial Maruto Shippuden
Golongan darah:B
Warna mata:Kuning (berbentuk seperti mata ular)
Warna rambut:Hitam
Berat badan:57,3 kg
Tinggi badan:172 cm
Keahlian
Jutsu:Senei Tajashu,Fushi Tensei,Kuchiyose no Jutsu,Kuchiyose:Rashoumon,Kuchiyose:Sanju Rashoumon
Serial Naruto

Ujian Chuunin

Orochimaru menyamar sebagai salah satu peserta ujian chuunin, bahkan sempat muncul di depan Anko, mantan muridnya. Ketika ujian berlangsung, dia menyerang tim 7, dan membuat Sakura dan Sasuke ketakutan setengah mati. Dia memberikan segel "joutai" pada Sasuke. Naruto yang kesal membangkitkan Kyuubi dalam dirinya dan menyerang Orochimaru, tapi Naruto saat itu masih bukan tandingannya. Orochimaru lalu menanamkan segel tambahan di badan Naruto agar Kyuubi dalam dirinya sulit keluar.
Setelah memasuki babak utama, Orochimaru yang menyamar sebagai jounin pembimbing desa Oto menyusup ketika Kakashi sedang menyegel kutukan di leher Sasuke. Kakashi yang menyadari kehadirannya terpaku karena hawa membunuh yang dikeluarkan Orochimaru membuatnya menyadari perbedaan kekuatan mereka.
Orochimaru lalu menyamar sebagai Kazekage dan ikut menyaksikan babak utama bersama Hokage. Dia juga bersikap biasa saja. Sampai akhirnya serbuan dilaksanakan, dia lalu membuka identitas dirinya. Dia membawa Hokage ke atap dan sudah bersiap membunuhnya, tapi urung dan akhirnya terjadi pertarungan sengit antara murid dan guru. Orochimaru menggunakan Edotensei untuk memanggil arwah hokage ke 1 dan 2 untuk melawan hokage ke 3. Karena kewalahan akhirnya hokage ke 3 mengeluarkan Fuuinjutsu, Shikifujin untuk menyegel Orochimaru. Tapi hanya kedua tangan Orochimaru saja yang tersegel. Dia lalu mundur bersama anak buahnya, sedangkan hokage ke-3 akhirnya meninggal.

Pencarian Tsunade

Orochimaru yang tangannya tersegel, mencari Tsunade bersama Kabuto ke suatu kota. Setelah bertemu, dia menjanjikan akan mengidupkan kekasih dan adiknya yang telah mati sebagai ganti tangannya untuk disembuhkan. Tsunade meminta waktu 1 minggu untuk menentukan pilihan. Setelah satu minggu Tsunade ternyata malah menyerang Orochimaru. Tidak lama Jiraiya, Naruto dan Shizune bergabung dalam pertarungan. Masing-masing sannin mengeluarkan jutsu andalan mereka. Orochimaru mati-matian melawan dua orang sannin dengan tubuh yang cacat. Akhirnya dia mundur dari pertarungan setelah pukulan "mengerikan" Tsunade.

Serial Naruto Shippuden

Pencarian Sasuke

Tim 7 yang mendapat tugas menemui mata-mata Sasori malah bertemu Kabuto dan Orochimaru. Mereka lalu bertarung. Orochimaru lalu berhadapan langsung dengan Naruto. Naruto yang sudah sangat muak pada Orochimaru melepaskan kekuatan Kyuubi hingga empat ekor. Orochimaru bertarung seimbang dengan kekuatan mengerikan kyuubi, dikarenakan dia sudah berganti tubuh dan mengeluarkan kemampuan hingga maksimal. Akhirnya dia mundur setelah Sai datang dan memberinya surat dari Danzo.
Di persembunyiannya, lagi-lagi dia bertemu Naruto. Kali ini Naruto tidak menggunakan kekuatan kyuubi. Setelah Sasuke mengamuk, Orochimaru memerintahkan Kabuto dan Sasuke untuk mundur.

Orochimaru vs. Sasuke

Tiga tahun sudah berlalu sejak Orochimaru terakhir kali mengganti tubuhyna. Dan kali ini ia membutuhkan tubuh baru sebagai wadah untuk menggantikan tubuh lamanya yang telah membusuk. Seperti rencana yang telah ia atur sejak awal, ia berencana untuk mengambil tubuh Sasuke sebagai wadah barunya. Namun sayang, Sebelum Orochimaru sempat melakukan niatnya tersebut Sasuke telah datang padanya lebih dulu dengan maksud untuk membunuhnya. Orochimaru yang merasa dikhianati oleh Sasuke akhirnya memutuskan untuk menghadapi Sasuke. Sasuke mengeluarkan seluruh kemampuan yang ia miliki. Dimulai dari perubahan tahap kedua sampai menggunakan jurus baru yang ia kembangkan, Chidori Nagashi. Akhirnya Orochimaru berhasil ditaklukkan setelah Sasuke berhasil mengambil teknik ruang persembahan milik Orochimaru dengan Sharingan. Alih-alih untuk menelan seluruh tubuh Sasuke dengan menggunakan teknik ruang persembahan, Orochimaru malah tertelan ke dalam tubuh Sasuke. Seluruh kemampuan dan keterampilan milik Orochimaru berpindah kepada Sasuke.Setelah pertarungan usai,Sasukepun pergi dan kabuto masuk kedalam ruangan orochimaru dan tanpa disengaja ia menginjak bangkai ular Orochimaru,dengan begitu sakit yang amat sangat chakra orochimaru masuk kedalam tubuh Orochimaru dan sebagian jiwa orochimaru.dalam tahun ini ada sebuah isu yang entah itu benar atau tidak bahwa cincinnya orochimaru sekarang dipakai oleh Kabuto.

  • Kabuto Yakushi
Kabuto Yakushi (薬師カブト Yakushi Kabuto?) adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto.
Nama 'Kabuto' berasal dari aconite (鳥兜 Torikabuto?), nama sebuah tanaman beracun yang mematikan namun bisa dijadikan obat untuk mengurangi rasa sakit; nama yang tepat untuk menggambarkan sifat dan karakter Kabuto Yakushi. Selain itu, kabuto juga merupakan nama sebuah pelindung kepala atau helm samurai. Dengan teman setimnya, Yoroi ("baju pelindung") dan Tsurugi ("pedang"), mereka membentuk trio pelindung-helm-pedang. Kabuto juga dapat merujuk pada nama sebuah kumbang. Nama keluarganya, Yakushi, adalah nama sebutan bangsa Jepang untuk menyebut Buddha Pelindung, Bhaisajyaguru.
Kabuto Yakushi
(薬師カブト)
Kabuto Yakushi
Kabuto Yakushi oleh Masashi Kishimoto
Karakter dalam manga Naruto
Debut:Manga Chapter 39
Naruto Episode 23
Pengisi suara (versi bahasa Jepang):Nobutoshi Canna
Profil
Desa asal: Otogakure
Tingkatan ninja:Missing-nin (Medical-nin)
Hari ulang tahun:February 29
Umur:19-20 (Sebelum Time Jump)
22 (Sesudah Time Jump)
Golongan darah:AB
Warna mata:Hitam
Warna rambut:Perak
Berat badan:65
Tinggi badan:176.2
Keahlian
Jutsu:Nehan Shōja no Jutsu
In'yu Shōmetsu
Shikon no Jutsu
Latar Belakang

Kabuto dulu adalah ninja dari konohagakure ( desa konoha). kabuto berkhianat kepada konoha dan menjadi budak orochimaru. Kabuto adalah seorang ninja yang bekerja sebagai mata-mata. Dari kecil dia tidak tahu siapa orang tuanya dan sudah menjadi mata-mata bagi Sasori. Dia lalu ditarik oleh Orochimaru, yang sebenarnya target mata-matanya menjadi anak buahnya. Kabuto yang dipungut oleh ninja medis di Konoha, menjadi mata-mata Orochimaru. Dia sangat berbakat dalam ilmu medis. Dia bisa melumpuhkan otot musuhnya bila tersentuh. Setelah Orochimaru meninggal, dia mengintegrasikan tubuhnya dengannya.

Part I

Ujian Chuunin

Kabuto bertemu dengan tim 7 yang masih hijau akan ujian tersebut. Dia lalu berbaik hati memberi berbagai petunjuk ke Naruto dkk. Ketika ujian memasuki babak survival, dia mencegah Naruto dan timnya membuka gulungan yang diberikan pada mereka. Setelah sampai babak berikutnya, Kabuto menyerah dengan sukarela. Dia ternyata mata-mata Orochimaru. Kabuto lalu mengincar Sasuke untuk dibunuh, tetapi dicegah oleh Kakashi. Ketika babak utama dilangsungkan, dia menyamar menjadi ANBU. Ketika rencana penyerbuan dilangsungkan, dia lalu bertarung dengan Kakashi dkk. Setelah membunuh Hokage, Orochimaru memerintahkan pengunduran diri ke semua anak buahnya.

Part II

Pencarian Sasuke

Tim Yamato bertemu dengan Kabuto di jembatan Tenchi. Mereka ternyata dijebak olehnya, dan Orochimaru menunggu dibelakangnya. Mereka lalu bertarung, Naruto vs Orochimaru dan sisanya melawan Kabuto. Tanpa disangka, Sai malah menyelamatkan Kabuto dan memintanya untuk menemui Orochimaru. Sai lalu dibawa ke Orochimaru oleh Kabuto, dan Kabuto membuat tubuh Sai palsu untuk menghambat tim Yamato. Mereka lalu sampai ke sarang Orochimaru. Disana mereka disusul oleh Tim Yamato. Mereka lalu bertarung, Kabuto tertangkap oleh Yamato. Setelah Naruto berhasil bertemu Sasuke, ternyata Sasuke sudah berubah. Orochimaru memerintahkan untuk pergi ke Kabuto dan Sasuke.

Konfrontasi Akatsuki

Tim delapan orang Konoha bertemu dengan Akatsuki, tim Hebi dan Kabuto. Kabuto menemui Naruto. Dia memberi semua data tentang Sasuke dan Akatsuki. Dia berkata sudah memasukkan jiwa Orochimaru dan sedang mengasimilasikannya untuk mengontrol seluruh kekuatan Orochimaru. Dia diserang oleh Naruto dan Yamato, tetapi berhasil kabur dan berkata akan bertarung dengannya lagi lain waktu setelah kekuatannya penuh.

Bergabung dengan Akatsuki

Kabuto yang dengan sengaja menemui Tobi yang tidak lain adalah Madara Uchiha, meminta kepada Tobi untuk bergabung dengan Akatsuki tetapi Tobi tidak percaya begitu saja kemudian Tobi menyerangnya dan Kabuto pun akhirnya menunjukkan kemampuan mengerikannya yaitu Jurus menghidupkan manusia ( Jurus terlarang ) yang hanya bisa dikuasai oleh Hokage ke-2 & Orochimaru saat menghadapi Hokage ke-3, Jurusnya adalah yang paling sempurna dan sangat mengerikan. Dia membangkitkan Itachi Uchiha, Deidara, Kakuzu,Sasori, Hidan, dan akhirnya Madara pun menyetujuinya menjadi bagian dari Akatsuki dengan kepentingan masing-masing. pada bab 560 dari seri naruto kabuto juga membangkit kan madara uchiha, dalam wujud asli.

0 comments:

Post a Comment