Breaking News
Loading...
Sunday, 2 December 2012

akhirnya setelah sebulan lebih numpang hidup di kampung orang, balik lg ke kota Tepian. kalo orang banyak berpendapat "Masa SMA adalah masa yg paling indah", ane cuman bisa kasih pendapat kalo masa KKN itu nggak kalah indahnya dengan masa SMA. KKN ini program wajib bagi mahasiswa s1 gan.

singkat cerita nih, ane ngambil KKN di Kabupaten Malinau. salah satu kabupaten di kalimantan utara. btw, setelah pengundian lokasi secara lebih spesifik, ane ditempatin di Kecamatan Mentarang tepatnya di Desa Lidung Kemenci. sengaja ngambil lokasi yg jauh dari rumah, kalo deketan doang ya nggak ada gregetnya buat ane. dan lagi ane hobby jalan-jalan liat daerah orang gan
sampe sekarang, hampir tiga bulan setelah KKN kelar ada satu dari sekian banyak hal yg paling ane kangenin. sungainya gan! orang-orang nyebutnya Sungai Setaban. dari posko ane sekitar 5 km lah.
Spoilerfor view ke hilir sungai:
Spoilerfor view ke hulu sungai:
Spoilerfor nelusurin sungai berdua sama temen ane anak asli Krayan:
Spoilerfor bening nggak gan:

Ane takjub begitu diajakin pemuda-pemuda disana mandi di sungai. ane pikir sungainya keruh, ternyata bersih dan airnya seger gan. sekarang udah di Samarinda jd bingung mau mandi di sungai yg bersih kaya' gitu tapi dimana ya?

Satu hal yg ane pelajarin, sebenernya Malinau itu lebih luas daripada Samarinda. Potensi sumber daya alamnya juga besar. Akan tetapi masyarakat disana sadar sepenuhnya bahwa ketergantungan hidup manusia akan alam itu cukup tinggi. dengan rusaknya alam, maka kehidupan manusia pasti akan terganggu.

bisa diliat kalo di tepi-tepi sungainya masih hutan. emang masih hutan gan. terus di dasar sungainya bebatuan, tp yg perlu diwaspadai kalo pas malam hari hujan pasti besoknya (orang sana bilang) air lg besar alias debitnya melimpah. tp itu nggak ngurangin jernihnya air, maklum masih bebas dari polusi dan kita do'akan saja semoga Sungai Setaban ini masih bisa diwariskan ke anak cucu mereka kelak.


Nih gan, ane perjelas disini deh ya biar kagak pada tanya lg ini sungai lokasinya dimana

Peta diatas sebagai gambaran sederhana aja ya gan. Kan udah banyak perubahan. Jadi, Sungai Setaban ini letaknya di Kabupaten Malinau. Lebih tepatnya di Kecamatan Malinau Barat, Desa Sentaban. Kalo dulu Kab. Malinau masih masuk dalam Provinsi Kaltim sekarang udah jadi Provinsi Kaltara gan, barengan sama Nunukan, KTT, Bulungan & Tarakan.


How to Get There?Untuk mencapai Malinau, ada tiga jalur yg bisa ditempuh gan.
  1. Via udara, agan bisa naik pesawat udara dari Bandara Temindung (Samarinda) langsung ke Bandara RA. Besing (Malinau) pake maskapai Susi Air. Durasi penerbangannya kurang lebih 1,5 hingga 2 jam.
  2. Via laut, agan bisa naik kapal laut dari Pelabuhan Semayang (Balikpapan) ke Port of Tarakan. karena di Samarinda nggak ada pelabuhan laut, jadi kudu ke Balikpapan dulu gan baru berlayar ke Tarakan dengan durasi pelayaran 22 jam. Kalo udah yampe Tarakan, mau ke Malinau musti naik speedboat gan. Yg perlu diingat, keberangkatan speedboat terakhir dari Tarakan ini sekitar jam 2 siang. Karena durasi perjalannya 3 jam, jd nggak mungkin ada keberangkatan malam ya gan apalagi kita nyusurin sungai. Sungai Sesayap khususnya.
  3. Terakhir via darat, ane belom pernah nyoba gan. Tapi kata temen sih lama perjalanannya lebih dari sehari semalem pake mobil-mobil yg (bahasa sininya) ditaksikan.

Nah, begitu nyampe di Malinau rutenya dari Malinau Kota > Pelita Kana'an > Tg. Belimbing > Pulau Betung > Teluk Sanggan > Kuala Lapang > Tanjung Lapang > Taras > Lidung Kemenci > Singai Trang > Long Kenipe > dan akhirnya Sentaban




sumber :www.blogger.com/blogger.g?blogID=2610789806918825755#editor/src=sidebar

0 comments:

Post a Comment