Breaking News
Loading...
Saturday, 1 December 2012


Banyak diantara kita yang pasti mengalami masalah dalam mengatur keuangan, termasuk ane juga.
Entah kita terjebak dalam penggunaan kartu kredit yang berlebih atau pengeluaran yang berdesak lainya entah kita harus dirawat rumah sakit.

 
Masalah mengatur keuangan memang memiliki banyak faktor, entah faktor karena pengelolaannya ataupun faktor tak terduga.
Nah mungkin kita menyepelekan hal-hal mendasar yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam mengatur keuangan seperti dibawah ini :

  • Kurang Waktu dalam Mengelola Keuangan



    Coba agan luangkan waktu entah pada saat weekend (sabtu dan minggu) untuk mengatur keuangan agan.
    Isi kegiatan ini, dari membayar tagihan kartu kredit, mencatat pengeluaran serta pemasukan dalam pembukuan selama seminggu ini. Ini adalah kebiasaan yang mesti agan agan biasakan. Mengapa? Jika agan semakin menunda hal ini, agan akan semakin sulit untuk menjadikan pembukuan keuangan sebagai kebiasaan agan

  • Malas Mencatat dalam Mengatur Keuangan



    Apa ada diantara agan agan ada yang berfikir "pentingkah mencatat keuangan?" setelah membaca poin ini?
    Kita sering melupakan pengeluaran pengeluaran sepele, seperti beli pulsa yang kadang berlebihan, atau membeli komik atau buku dan lain lain.
    Hal hal seperti ini lha yang membuat kita lupa diri dan akhirnya merusak keuangan kita.

    Namun ada cara jitu buat agan melacak kemanakah uang agan pergi,yaitu trik "amplop". Coba agan gunakan 1 amplop saja untuk pengeluaran agan seminggu.
    dan dengan cara itu agan bisa mengetahui berapa uang yg agan habiskan dalam seminggu. Dari itu agan bisa membatasi pengeluaran agan sebanyak uang yang terdapat dalam amplop.


  • Utang, Baik atau Tidak?


    Pasti banyak dipikiran orang orang kalau mendengar kata "utang" pasti sudah men-judge ,utang itu buruk dan di cap negatif.
    Tapi jangan salah, dengan utang kita bisa melanjutkan sekolah, bisa membeli apartemen yang kemudian kamu sewakan (sehingga pembayaran sewa bisa digunakan untuk membayar cicilannya), bahkan bisa menyediakan modal usaha untuk kita.

    Takut berutang kadang-kadang bisa membuat kita kehilangan kesempatan. Namun terlalu banyak berutang, apalagi jika utang tersebut melebihi kemampuan kita untuk membayar cicilannya malah bisa mengakibatkan kekacauan dalam kondisi keuangan kita. Intinya, utang tidak akan menghancurkan hidup seseorang, jika kita bisa memanfaatkannya.


  • Tidak Memikirkan Cara Pengolahan Uang Lain


    Banyak cara kita untuk mengatur keuangan lainnya, contoh seperti berinvestasi dengan cara asuransi, berinvestasi dengan emas dll. Berinvestasi cukup penting untuk kita apabila terjadi sesuatu yang mendadak.
    Mengapa? jika suatu saat agan kecelakaan dan diharuskan dirawat di rumah sakit, terlebih biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Dengan kita menggunakan asuransi, malahan kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menanggungnya, dan hal itu tidak akan merusak keuangan kita.



sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50ade581e374b4b95c0000f6

0 comments:

Post a Comment