Breaking News
Loading...
Sunday, 2 December 2012


Bangkok - RIM akan mengusung pembaruan dalam aplikasi instant messaging itu berupa fitur panggilan suara pada BlackBerry Messenger 7 yang akan segera dirilis. Seperti apa?

Research In Motion (RIM) kembali mengungkap inovasi baru untuk memperkuat sistem operasi mereka. RIM akan mengusung pembaruan dalam BlackBerry Messenger berupa fitur panggilan suara (voice call) yang rencananya akan hadir pada BlackBerry Messenger (BBM) versi 7 yang akan segera dirilis.

Dilansir BerryGeeks, pengguna perangkat BlackBerry nantinya bisa melakukan panggilan suara langsung dari dalam BBM 7. Dengan fitur baru ini, maka pengguna BlackBerry dapat secara langsung melakukan percakapan seperti sedang melakukan panggilan pada umumnya.

Namun fitur voice callitu hanya bisa digunakan dalam jaringan WiFi saja. Jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur itu harus memindahkan konektifitasnya ke WiFi.

"BlackBerry Messenger 7 menggunakan protokol VoIP dan karena itu tidak mentransfer data lewat jaringan seluler," ujar Vice President BBM and Social Communities RIM, TA McCann dalam acara BlackBerry Jam Asia yang baru-baru ini berlangsung di Bangkok, Thailand.






 

Dengan fitur baru ini, maka pengguna BlackBerry dapat secara langsung melakukan percakapan seperti sedang melakukan panggilan pada umumnya.

Menurut McCann, RIM selaku produsen perangkat BlackBerry ingin melihat terlebih dahulu seperti apa user experience yang didapatkan pengguna ketika menggunakan panggilan suara lewat WiFi.

McCann mengatakan, meskipun berpotensi mengurangi traffic voice karena menyediakan opsi panggilan suara gratis di seluruh dunia, ketika nanti sudah menggunakan jaringan seluler, BlackBerry 7 akan meningkatkan konsumsi penggunaan data.

"Ini sejalan dengan visi operator di masa depan," katanya.

Saat ini BBM 7 sudah tersedia dalam versi beta untuk pengguna perangkat dengan OS BlackBerry 6 atau di atasnya.

"Tapi nantinya kami berencana menyediakan aplikasi ini untuk perangkat OS 5 juga," tambah McCann. [mor]




Bisa Telepon Gratis di BBM7, Operator Bakal Rugi?

  Aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger 7 yang akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini atau paling lambat awal 2013, akan dilengkapi fitur panggilan suara.

Biarpun begitu, versi terbaru dari aplikasi yang dikatakan memiliki lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia ini tak akan memadati bandwidth data operator seluler. 

Apa pasal? Rupanya voice call pada BBM 7 hanya mengandalkan konektivitas WiFi. "BlackBerry Messenger 7 menggunakan protokol VoIP dan karena itu tidak mentransfer data lewat jaringan seluler," jelas Vice President BBM and Social Communities Research in Motion T.A. McCann dalam sesi panel BlackBerry Jam Asia 2012, Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Dia menjelaskan, Research in Motion selaku produsen perangkat BlackBerry ingin melihat terlebih dahulu seperti apa user experience yang didapatkan pengguna ketika menggunakan panggilan suara lewat WiFi. "Tapi nanti kami juga punya rencana berekspansi dengan turut memakai jaringan seluler."

Dikatakan oleh McCann, meskipun berpotensi mengurangi traffic voice karena menyediakan opsi panggilan suara gratis di seluruh dunia, ketika nanti sudah menggunakan jaringan seluler, BlackBerry 7 akan meningkatkan konsumsi penggunaan data. "Ini sejalan dengan visi operator di masa depan," katanya.

McCann menyamakan besar penggunaan data panggilan suara BBM7 dengan voice call pada Skype. "Tetapi karena menggunakan algoritma lebih canggih, maka kualitas suaranya juga lebih bagus."

Bagaimana kinerja voice call BBM7 ketika digunakan di negara seperti Indonesia yang masih terbatas dalam hal ketersediaan fasilitas WiFi?

Ketika ditanya mengenai hal ini, South Asia Managing Director Research in Motion Hastings Singh hanya mengatakan bahwa BBM7 adalah produk global yang ditujukan untuk audience internasional sehingga pengalaman pengguna di masing-masing negara mungkin berbeda-beda.

sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1933094/panggilan-suara-andalan-baru-blackberry-messenger

0 comments:

Post a Comment