Breaking News
Loading...
Sunday, 2 December 2012


Apakah Anda pernah membayangkan hidup di kawah gunung berapi raksasa? Jika Anda berpikir tempat tinggal seperti itu hanya ada di dunia fiksi, Anda sebaiknya menengok Pulau Aogashima di Jepang. Sebab di sana benar-benar ada 200-an penduduk yang mendiami kawah gunung berapi.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral (30/11), Aogashima merupakan bagian dari Kepulauan Izu, sekitar 300 kilometer ke selatan Tokyo, di Laut Filipina. Pulau dan 205 penduduknya (per 2009) adalah bagian dari warga negara Jepang yang dikelola oleh Tokyo. Di sana pun cuma ada satu sekolah dan satu kantor pos saja.

Bentuk Pulau Aogashimacukup unik, seperti puding yang terbalik di piring atau donat yang dengan pola aneh. Tetapi Aogashima benar-benar gunung berapi dengan kawah raksasa yang merupakan sebuah pulau dan bisa didiami oleh manusia.

Kehidupan di Pulau Aogashima jauh dari peradaban modern yang penuh dengan hiruk pikuk aktivitas yang menyibukkan penduduknya. Di sana, menyelam adalah kegiatan paling populer di perairan biru jernih yang memang lebih cocok dijadikan tempat bersantai daripada bekerja keras.

Selain menyelam, mendaki gunung dan berkemah adalah aktivitas luar ruangan lain yang asyik dilakukan di Aogashima. Beberapa orang juga suka menikmati sauna umum yang didapat dari uap panas sekitar tengah-tengah pulau.

Kekurangan Pulau Aogashima mungkin cuma satu, akses masuk dan keluar dari sana tidak memiliki banyak pilihan. Peradaban kawah gunung berapi tersebut hanya bisa dijangkau dengan kapal feri dan helikopter. Setelah sampai di pulau, pengunjung pun sebaiknya mengawasi cuaca sebelum akhirnya bisa berkeliling menikmati keindahan Aogashima.

Tertarik pergi ke sana? Anda harus ingat kalau terakhir kali Aogashima meletus adalah sekitar 200 tahun yang lalu. Sebanyak 140 dilaporkan tewas saat itu. Karena masih aktif, ada kemungkinan gunung akan meletus lagi tanpa tahu kapan waktunya. Namun kalau Anda suka mengambil risiko, segera saja terbang ke sana dan menikmati keindahan Aogashima!





Located in the Philippine Sea, and 222.7 miles (358 km) south of central Tokyo, Aogashima also has a village that is home to around 200 people. This volcanic island has erupted and even killed some of the islanders, but still people spend their lives there. Fishing and farming are some of the more common activities.


#9The Tiny Japanese Island of Aogashima

sumber :http://www.merdeka.com/gaya/pulau-aogashima-peradaban-di-kawah-gunung-berapi.html

0 comments:

Post a Comment