Breaking News
Loading...
Sunday, 2 December 2012

Tips shift lock untuk mobil transmisi automatic

Gan ane abis baca2 tentang tips shift lock buat ente2 yang punya mobil transmisi automatic, yang kadang klo parkir kaga bisa di dorong karena shift lock pada transmisi automatic sehingga pas parkir pararel mobil kita bisa di dorong dan kita pas lagi makan or lagi ngobrol pun gak dipanggil mulu sama tukang parkir gara2 majuin or mundurin mobil Cuma gara2 parkir pararel


Setelah ane baca2 di beberapa forum / website ternyata hal kayak gitu bisa di akalin juga gan, dan ane udah coba mobil boss ane yg transmisi automatic dan boss ane pun bisa berbangga ama ane yg Cuma iseng baca2 di beberapa forum maupun website yg ngasih tau klo tips2 tentang shift lock transmisi automatic yg sekarang ini lagi banyak di gandrungi masyarakat indonesia, tinggal gass remm gass remm doang gan mobil automatic itu, beda ama manual  dan semua serba manual
Ane abis baca2 dan klo agan2 iseng mau sama kaya mobil boss ane, bisa kok dan gak kesel di panggil sama tukang parkir gara2 parkir paralel, sekedar share aja gan, karena kaskus adalah forum share segalanya, ane share disini aja gan






Spoilerfor cekidot:
Banyak konsumen yang telepon menanyakan kalau mau parkir paralel tapi bisa di dorong gimana caranya. Hampir setiap hari kita terima telepon seperti itu," ungkap salah satu kepala bengkel resmi salah satu brand mobil Jepang.

Pernyataan tersebut menggambarkan kalau sampai saat ini masih banyak yang belum mengenal betul tentang mobil bertransmisi otomatis (A/T) yang dibeli dan dipakainya. Terutama saat parkir secara paralel.

Parkir model ini jelas akan menghalangi mobil-mobil lainnya. Padahal mobil-mobil saat ini baru bisa lepas kunci kalau tuas transmisi berada di posisi P (Park).

Posisi tersebut membuat mobil tak bisa didorong, padahal supaya bisa didorong, transmisi harus netral dan tuas berada di N. Ketika tuas berada di posisi P, maka terdapat suatu mekanis yang mengunci gigi-gigi yang ada di dalam girboks (Gbr 1).

Nah, supaya tuas bisa dipindah dari posisi P ke N manfaatkan fitur shift lock. Pada beberapa mobil berbeda-beda cara penggunaannya. "Untuk di Nissan Juke, cukup di tekan tombol yang ada, kemudian sambil tekan tombol yang ada di gagang transmisi, pindahkan ke N (Gbr 2)," ucap Ade Haryawan, kepala bengkel Nissan Puri Kembangan, Jakbar.

Sedangkan Nissan Evalia, harus membuka karet penutupnya terlebih dahulu. Gunakan ujung anak kunci untuk mencongkelnya. Simpan dengan baik karetnya karena potensi hilang tinggi lantaran dimensinya sangat kecil. Setelah terbuka, masukkan anak kunci ke lubang tersebut sambil sedikit di tekan. Lalu, tekan tombol yang ada di gagang transmisi untuk memindahkan tuas dari P ke N.

Pada mobil-mobil Toyota, tekan tombol yang menonjol (Gbr 3). Kemudian pindahkan ke posisi N. Tak seperti Nissan, pada Toyota Avanza tidak perlu menekan tombol yang ada di tuas transmisi.

Berbeda lagi perlakukannya untuk mobil Honda. Masukkan anak kunci ke lubang yang cukup besar untuk bisa memindahkan dari posisi P ke N (Gbr.4). Setelah berada di posisi N, tarik kembali anak kunci tersebut.

Sederhana dan sangat penting, tapi terkadang dilupakan cara penggunaannya oleh pemilik mobil A/T. (mobil.otomotifnet.com)


sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50afd7ae572acf2277000024

0 comments:

Post a Comment