Breaking News
Loading...
Saturday, 1 December 2012


Dari semua tanaman aneh di dunia yang pernah Anda ketahui, pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa ada tanaman yang memakan daging? Yah, mungkin tidak begitu banyak "daging" yang dimakan, seperti makan serangga, namun tetap saja disebut karnivora. Semua tanaman karnivora dapat ditemukan di daerah dimana tanah memiliki nutrisi yang sangat sedikit.



Tanaman mengagumkan ini dikategorikan sebagai karnivora karena mereka menjebak serangga dan arthropoda, menghasilkan cairan pencernaan, lalu melarutkan mangsa dan memperoleh sedikit atau sebagian besar nutrisi mereka dari proses ini.



10. Sarracenia


Sarracenia, atau tanaman pitcher Amerika Utara, adalah Genus tanaman karnivora pesisir timur, Texas, danau besar dan Kanada timur selatan, dengan sebagian besar spesies yang hanya ditemukan di negara-negara bagian sebelah tenggara.

Daun tanaman telah berevolusi menjadi corong, dengan struktur tudung yang berkembang untuk mencegah air hujan menipiskan cairan pencernaan. Serangga tertarik oleh warna, bau dan sekresi nektar seperti di bibir "teko". Pondasinya licin, sehingga dengan dibantu oleh aroma nektar yang memabukkan, menyebabkan serangga jatuh ke dalamnya di mana mereka mati dan dicerna oleh protease dan enzim lainnya
Spoilerfor video:



9. Nepenthes


Nepenthes, tanaman pitcher tropis atau cangkir monyet, genus dari tanaman karnivora yang mempunyai mekanisme lubang perangkap. Ada sekitar 130 spesies yang tersebar luas, dan dapat ditemukan di Cina, Malaysia, Indonesia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia, India, Kalimantan dan Sumatera. Julukan "cangkir monyet" berasal dari fakta bahwa monyet sering minum air hujan darinya.

Sebagian besar spesies Nepenthes adalah tanaman merambat tinggi (10-15m), dengan sistem akar dangkal. Dari batang Anda akan sering melihat daun tumbuh seperti pedang, dengan sulur (sering digunakan untuk pendakian) menonjol dari ujung daun. Pada akhir tendril tersebut, bentuk pertama teko akan berbentuk seperti bola kecil, yang kemudian mengembang dan membentuk cangkir. Perangkap berisi cairan, yang dihasilkan oleh tanaman, yang mungkin berair seperti sirup yang mana digunakan untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Bagian bawah dari cawan itu mengandung kelenjar yang menyerap dan mendistribusikan nutrisi. Sebagian besar tanaman kecil dan cenderung hanya menjebak serangga saja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti Nepenthes rafflesiana dan Rajah Nepenthes, telah didokumentasikan menangkap mamalia kecil seperti tikus.






8. Genlisea


Genlisea, lebih dikenal sebagai tanaman pembuka botol, terdiri dari 21 spesies dan umumnya tumbuh di daratan basah sampai lingkungan semi perairan, dan tersebar di seluruh Afrika, tengah dan Amerika Selatan.

Genlisea adalah tumbuhan kecil dengan bunga kuning yang digunakan sebagai perangkap. Tanaman ini memiliki dua jenis daun-daun yang berbeda, daun-daun fotosintesis di atas tanah, dan daun bawah tanah khusus untuk menarik, menjebak dan mencerna organisme kecil, seperti protozoa. Daun ini membentuk tabung hampa di bawah tanah, tabung tersebut memiliki bentuk pembuka botol, dan dengan bantuan aliran air konstan, mikroba kecil bisa masuk ke dalam tabung, tetapi tidak dapat menemukan jalan keluar lagi. Ketika mereka mencapai bagian yang benar dari tabung, mereka akan dicerna dan diserap.



7. Darlingtonia Californica


Darlingtonia Californica, juga disebut tanaman Pitcher California atau Lilly Cobra, adalah anggota tunggal dari genus Darlingtonia, dan asli California Utara dan Oregon. Biasanya mereka tumbuh di rawa yang terdapat air dingin yang mengalir.

Daun dari Lily Cobra yang bulat dan membentuk rongga kosong, dengan bukaan yang terletak di bawah struktur seperti balon yang bengkak dan dua daun runcing tergantung di ujungnya seperti taring. Tidak seperti tanaman pitcher besar, Lilly Cobra tidak menggunakan lubang perangkap, tapi perangkap lobster pot. Sekali di dalam, serangga akan dibingungkan oleh cahaya yang menyinariseluruh rongga tanaman. Begitu mereka mendarat, ada ribuan bulu-bulu halus yang tumbuh mengarah ke dalam, mereka hanya dapat mengikuti arah rambut yang menuju ke dalam terhadap organ pencernaan, tetapi mereka tidak bisa berbalik atau bergerak ke belakang untuk melarikan diri.






6. Utricularia


Utricularia, atau secara kolektif dikenal sebagai bladderworts, adalah genus tanaman karnivora yang terdiri dari sekitar 220 spesies. Mereka tumbuh di air tawar dan tanah basah sebagai spesies darat atau perairan.

Mereka adalah satu-satunya tanaman karnivora yang menggunakan perangkap kandung kemih. Sebagian besar spesies memiliki perangkap yang sangat kecil, di mana mereka hanya dapat menangkap mangsa kecil, seperti protozoa. Perangkap dapat berkisar dari 0.2mm - 1.2cm, dengan perangkap yang lebih besar, mereka bisa menjebak mangsa yang lebih besar seperti kutu air dan bahkan berudu kecil.

Perangkap memiliki rambut-rambut kecil yang memicu melekat pada pintu jebakan. Ketika kandung kemih diatur, berada di bawah tekanan negatif dalam hubungan ke daerah sekitarnya. Ketika rambut pemicu yang tersentuh, pintu perangkap terbuka, menyedot serangga dan air di sekitarnya, dan menutup pintu lagi, semua dalam hitungan per 10 ribu detik.



sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50b9f70be774b47758000043/inilah-10-tanaman-karnivora-yang-unik/

0 comments:

Post a Comment