Breaking News
Loading...
Tuesday, 4 December 2012


Pasti agan2 udah nonton film 300 yg dimainin Gerard Buttler, nah ane mau ngebahas perang epic ini...

Biasa dibilang Battle of Thermopylae atau Perang Sparta

Apa Itu Perang Sparta?
Perang Sparta adalah Perang antara Persia Melawan Yunani Pada Tahun 360 SM . Persia Dipimpin Oleh Raja Xerxes sedangkan Yunani Dipimpin oleh Leonidas. Prajurit yang diturunkan ke Sparta (salah satu daerah Yunani) bukan main-main, yaitu 170.000 orang. Sedangkan dari pihak Yunani, hanya ada 300 Spartan (nama Prajurit dari Sparta).
Terdengar sangat tidak berimbang kan, kalo catur kaya gini

Spoilerfor :

Hal itu tidak berlaku Untuk Prajurit Spartan , Mereka yang memiliki Moto : "Menang atau mati" , Memberikan Perlawanan yang sangat kuat untuk Prajurit Persia sampai 3 Hari yang menewaskan 70.000 Tentara Persia. Sayangnya, mereka kalah karena ada pengkhianat yang memberitahu Lubang Kelemahan dari Prajurit Spartan ini. Akhirnya Mereka pun kalah di hari ketiga . 300 membunuh 70.000 ? Unhuman .

Dan sekali lagi ini bukan cuman Mitos. Perang ini benar-benar terjadi dan tercatat dalam sejarah Dunia. Buat yang tidak percaya / mengatakan ini HOAX, silahkan tanyakan kepada guru sejarah sendiri atau search di Google
Sedikit catatan penting bahwa Spartan juga dibantu oleh 700 Thespians, and 400 Thebans. Tapi sayang mereka semua sudah gugur hanya dalam beberapa jam jadi itu nggak dihitung, bahkan sejarah pun ga mengangkat itu

'WE ARE SPARTAN ! NEVER RETREAT ! NEVER SURRENDER ! DIE IN BATTLE FIELD IS OUR GREATEST GLORY ! '

Strategi dan Situasi
Kita Akan Segera Mengetahui situasi dan strategi apa yang diterapkan King Leonidas sehingga mereka bisa menahan Tentara Persia selama 3 Hari. Gambar dibawah ini adalah TKP sebenarnya dari Pertempuran.
Spoilerfor :

Situasi apa yang dihadapi oleh Spartan ?
Mereka harus menghadapi 170.000 musuh untuk menahan musuh mereka masuk ke pusat kota. Kurang lebih seperti ini ilustrasinya
Spoilerfor :

Strategi yang diterapkan ?
King Leonidas sengaja untuk memilih bertempur di tempat yang sempit agar menghambat musuh bermain 'keroyokan', pada akhirnya tetap mereka menghadapi musuh yang sepadan dengan mereka 1 VS 1. Tapi yang patut diacungi jempol adalah daya tahan tubuh, keberanian dan skill perang mereka.

Tapi tentu semua orang penasaran dgn, bagaimana mereka bisa kalah di pertempuran ini ?
Kekalahan Spartan Di Perang Sparta
Spartan kalah karena penduduk lokal bernama Ephialtes mengkhianati orang-orang Yunani dengan memberitahukan sebuah jalan kecil yang mengarah ke garis belakang Yunani.

Akhirnya Tentara Persia masuk kesana tanpa diketahui oleh Spartan , dan menusuk pertahanan Spartan dari belakang . Mereka pun harus menelan kekelahan yang HEROIK . Mereka Berjuang hingga titik darah penghabisan.

Kronologis perang
Spoilerfor :

Hari Pertama dan Kedua
Tentara Persia Mendarat di Thermopylae di hari pertama. Perang pun pecah. Gerbang Kedua berhasil ditembus, dan mereka langsung berhadapan dengan spartan. Perang Ini Berlangsung 2 Hari. Sangat mematikan.
Hari Ketiga
Hari Ketiga, hari dimana pengkhianat itu membocorkan jalan kecil, letak kelemahan Spartan. Hari itulah pejuang yang gagah berani itu gugur semua.
Spoilerfor :


Begitu kira2 agan2 sekalian, mudah2an bisa menambah pengetahuan ya meskipun nonton film2nya lebih seru...

SUMBER

Masukan dari agan2
Quote:Original Posted By semprul99
gan cuma meluruskan saja.jumlah 300 orang itu hanya serdadu Sparta pimpinan Leonidas saja gan, namun sebenarnya pasukan Yunani yang berperang melawan Persia pada saat itu berjumlah total sekitar 7.000 orang. Terdiri dari tentara gabungan kerajaan kota di Yunani, diantaranya Sparta, Thebans, Arcadians dll.

Pada saat jalan tembus bocor ke pihak Persia, sebagian tentara mundur untuk menyusun kekuatan dan meninggalkan 300 Persia, 700 Thespians, 400 Thebans untuk menahan laju tentara Persia untuk sementara. Tapi seperti diketahui dalam catatan sejarah, pasukan tersebut tewas semua.

Inilah sejarah yang terlalu overrated. Seolah-olah hanya 300 Sparta melawan Ratusan ribu Persia. Padahal kenyataan tidak begitu. Apalagi setelah difilmkan oleh Hollywood dengan penuh propaganda.

ingin lebih jelas kemari gan

Quote:Wah ini ada 2 komen berbeda ttg nasib Leonidas setelah gugur

ChaBuel; kasihan tu si leonidas matinya, di potong2 dari kepala sampe kaki di kirim ke beberapa kota di yunani karna si xerxes sangking bencinya sama dia ,
hmm btw thermopylae udah surut sekarang lautnya jadi keliatan kyk daerah lapang biasa

KsatriaGitar; Yang ane baca dari sumber lain, Spartan menggunakan Phalanx formation yang berbentuk persegi. Dan mayat Leonidas di bawa ke atas bukit setelah bantuan dari Yunani datang untuk memberi rasa hormat kepada pejuang Yunani.

CMIIW



sumber :

0 comments:

Post a Comment