Breaking News
Loading...
Friday, 30 November 2012




Pertemuan antara Indonesia dengan Malaysia merupakan salah satu partai klasik dalam sejarah panjang sepak bola negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Meski bersahabat erat, hubungan kedua negara selalu diwarnai ketegangan-ketegangan politik. Tensi tinggi pun terbawa hingga ke stadion.

Sejak pertama kali digelar pada 1996 di Singapura dengan nama Piala Tiger, Indonesia sudah berjumpa dengan Malaysia. Menjadi juara grup A, Indonesia bertemu Malaysia yang menjadi runner up grup B di babak semifinal dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Singapura. Hasilnya, Kurnia Sandy dkk dibekuk Malaysia 1-3 dan gagal melangkah ke final. Thailand kemudian menjadi juara di final setelah mengalahkan Malaysia 1-0.

Garuda vs Harimau Malaya, statistik memihak Indonesia


Pertemuan selanjutnya antara Indonesia dan Malaysia di Piala AFF baru terjadi pada tahun 2002 saat Indonesia menjadi tuan rumah. Malaysia yang menjadi juara grup A dijamu Indonesia yang menjadi runner up grup B di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kali ini Bambang Pamungkas melalui gol tunggalnya berhasil menyingkirkan Malaysia. Sayang Indonesia kemudian kalah dari Thailand di Final 4-2 (2-2) melalui adu penalti.

Pertemuan ketiga di Piala AFF terjadi pada tahun 2004, lagi-lagi di babak semifinal. Karena sistem yang digunakan kandang-tandang, pertandingan digelar dua kali. Saat menjadi tuan rumah di Stadion Bukit Jalil, Malaysia mampu unggul 2-1. Kekalahan itu dibalas Hendro Kartiko dkk di Stadion Gelora Bung Karno dengan skor telak 4-1. Dengan agregat 5-3, Indonesia bertemu Singapura. Namun, lagi-lagi, Indonesia gagal di partai puncak dengan agregat 2-5 (kalah 1-3 dan 1-2) dalam dua partai home and away.

Puncak pertemuan Indonesia dan Malaysia di Piala AFF adalah 2 tahun lalu saat Indonesia dan Vietnam menjadi tuan rumah bersama. Tiga kali pertemuan, yakni di babak penyisihan grup dan di final yang digelar dengan sistem kandang dan tandang.

5 Gol yang masing-masing dicetak oleh Cristian Gonzales, Firman Utina, M Ridwan, Irfan Bachdim, dan satu gol bunuh diri pemain Malaysia hanya mampu dibalas satu gol dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno.

Di luar dugaan Malaysia yang lolos ke semifinal sebagai runner up grup mampu mengalahkan Vietnam dan kembali bertemu Indonesia di final. Berbekal kepercayaan diri tinggi menang besar di babak penyisihan grup, Indonesia bertandang ke Stadion Bukit Jalil dalam laga pertama partai final. Sayangnya penampilan anak asuhan Alfred Riedl menjadi antiklimaks dan kalah 0-3 dari Safee Sali dkk. Di depan publik sendiri, defisit gol itu tidak mampu dikejar karena dalam pertandingan di Jakarta, Firman Utina dkk hanya mampu membalas 2-1. Agregat gol 4-2 membuat Malaysia menjadi juara di depan suporter Merah Putih.

Pertandingan Sabtu (1/12) malam nanti akan menjadi pembuktian timnas Garuda. Dengan stok pemain yang bisa dibilang bukan yang terbaik, pelatih Nilmaizar diharapkan mampu mempersembahkan kemenangan.

Di Piala AFF, secara statistik Indonesia masih lebih unggul dalam beberapa kali pertemuan. Berdasar data FIFA kedua tim telah bertemu sebanyak 64 kali. Indonesia masih memimpin dengan 29 kemenangan, sementara Malaysia hanya berhasil menang sebanyak 20 kali, dan 15 sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Rekor kekalahan dan kemenangan terbesar Garuda vs Harimau Malaya tercatat hampir mirip. Indonesia pernah mencukur Malaysia dengan skor telak 6-0 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam dalam SEA Games 1999. Sementara Malaysia berhasil membungkam Indonesia dengan skor 7-1 di Kuala Lumpur pada ajang Merdeka Cup 1976.

Berikut statistik pertemuan kedua tim:


KOMPETISI
Kemenangan
Indonesia
ImbangKemenangan
Malaysia
TOTAL
Piala AFF
4
037
Asian Games
1
012
SEA Games
6
1310
Merdeka Cup (Kuala Lumpur, Malaysia)
6
4717
Piala Kemerdekaan (Jakarta, Indonesia)
5
005
King's Cup (Bangkok, Thailand)
5
027
Merlion Cup (Singapura)
1
102
President's Cup (Seoul, Korea Selatan)
1
113
(Kualifikasi) Piala Dunia
0
101
(Kualifikasi) Olimpiade
0
011
(Kualifikasi) Piala Asia
0
325
Ujicoba /Friendly
0
404
TOTAL
29
152064


sumber :http://www.merdeka.com/sepakbola/garuda-vs-harimau-malaya-statistik-memihak-indonesia.html

0 comments:

Post a Comment