Breaking News
Loading...
Thursday 29 November 2012

Info Post

Mau share aja gan, ane dulu dari daerah dan kuliah di ibukota.
Dikasi uang saku sama orang tua hanya 800rb, itu pun jadwalnya ga tentu...
Bahkan seringkali uda ga punya uang, mau rebus indomie pun tak bisa

Ga bisa diem dengan kondisi tersebut, ane puter otak dan ketemu jurus supaya ga keabisan duit. Berikut caranya untuk anak kos yg lagi kuliah, siapa tau bermanfaat

1. 800rb per bulan mustahil bagi anak kuliahan di untar untuk nabung, jadi pasti habis sebulan gan. Saya bagi menjadi 4 minggu, jadi seminggu saya jatahin sebesar 200rb. Dengan begitu, uang untuk minggu ke 2,3,4 masih aman. Prinsipnya, jangan pernah pakai uang yang merupakan jatah minggu ke 2,3,4

2. Buang semua gengsi, biarlah temenmu makan di food court, atau mall. Sehari2 makan di warteg aja, pake nya sayur gan...slain lebih murah, sayur lebih bergizi dan vitamin. Sabtu minggu, bole lha nyicip makanan di mall. Jangan jadi anak yg ga gaul juga. Jgn ampe, pas ente uda lulus kuliah kaga ada temen. Temen2 ini lah modal ente buat masa depan. Misal anda ntar kerja jadi sales, atau nawarin jasa, pasti yg ditawarin temen2 ente kan ? Makanya selalu jaga hubungan dan gaul sama temen temen kuliahan. ( ane nge kos, ga mungkin makan makanan rumah)

3. Biarin aja temen punya gadget baru, so what gitu lho. Lo ga usa ngo WOW kok. Itu juga ga masalah buat lo. Satu2nya yg layak utk lo tabung adalah kebutuhan primer hidup lo. Makan aja pas2an, ngapain mikirin gadget. Inget, buang semua gengsi.

4. Ane coba jualan online aksesoris handphone di kaskus untuk nambah uang jajan. Kebeneran kakak ane punya usaha toko handphone, jadi ane jualin barang dia dan untungnya buat ane. waktu itu kaskus masi berantakan fjb nya tanpa klasifikasi. Di forum itu campur aduk jadi satu, ada yg jual handphone ya disitu, baju ya disitu, kacamata ya disitu. Dapet duitnya cuman dikit gan, uda gt malam hari sampe rela2nya nyundul thread takut tenggelem. Maklum gan, semua jualnya di situ. Kalo ga sering nyundul ya tenggelem.
Jualan, untung 15-20rb per transaksi. Lumayan lha buat saya pada saat itu.

Coba liat saudara atau teman anda yg berdagang non online, anda tawarin kerjasama aja sama mereka. Anda jualin barang mereka secara online, ntar untungnya dibagi2 atau gmn terserah kesepakatan anda. Kan lumayan buat nambah uang jajan.

5. Biarin aja orang ngatain elu pelit, merjit, ure, irit abis dll. Lo ga usa minder, ga usa malu. Tahan aja semua celaan mereka, ini demi kelangsungan hidup elu bro. Kalo ente ngikutin gaya hidup mereka, bisa2 ente kaga makan di tengah bulan. Apalagi bagi yg gajinya 8 koma, maksudnya tanggal 8 uda koma. Jadilah orang yg sederhana gan.

6. Belajar yg bener di kuliahan, ini yg paling penting. Masa iya lo mau selamanya duit pas2an. Kalo kuliah oke, dapat kerjaan oke. Kerjaan oke, gaji oke, lo uda bisa nikmatin hidup. Lo mau beli gadget kek, rumah kek, mobil kek, motor kek.

7. Kerja keras, kegigihan, pasti membuahkan hasil gan.

8. Jangan menyerah sama keadaan gan, segala sesuatu pasti berubah. Ambil tindakan sekarang juga, ga ada kata terlambat.

9. Selalu hidup sederhana. Jangan kemakan gengsi, gengsi akan membunuh ente secara perlahan.

10. harus rajin bersyukur, pinter bersyukur, dan jangan ngabisin uang utk hal yg ga perlu.

Sekarang ane sudah bekerja sendiri gan, punya kantor sendiri juga. Ane dulu kuliah ekonomi akuntansi di untar, ya kira2 9 taon lalu lha. Kantor ane bergerak di jasa konsultan pajak, silakan mampir kalo mau liat2 di www.smco.co.id

Ane bersyukur banget sama my mom and my dad yg uda nguliahin ane, walau uang mereka sangat pas2an.

Inget gan, kalo elo lahir miskin, itu bukan salah lo. Tapi kalo elu mati miskin, itu murni salah elu.


sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016681411/share---tips-untuk-anak-kuliahan-dan-fresh-graduate/

0 comments:

Post a Comment