Breaking News
Loading...
Sunday, 2 December 2012




Palaentolog mengidentifikasi spesies barudinosaurus berdasarkan analisis pada fosil yang ditemukan di wilayah selatanAfrika 50 tahun lalu. Dinosaurus spesies baru itu punya gigi taring yangpanjang sehingga membuatnya tampak seperti drakula.
[imagetag]
Spesies baru dinosaurus itu dinamai Pegomastax africanus. Paul Sereno,palaentolog di University of Chicago yang memimpin penelitian, mengatakan bahwadinosaurus itu hidup 200 juta thaun lalu, memiliki dua kaki yang menapak dantangan yang mampu menggenggam.
“Panjangnya tak lebih dari 2 kaki (0,6meter) dan beratnya kurang dari berat kucing rumahan maksimum 15 pound (6,8 kg)serta tubuhnya sebagian besar merupakan ekor dan leher,” kata Serenoseperti dikutip Livescience.
Dinosaurus ini punya bulu-bulu tegak. Sekilas, Pegomastax africanus ini tampakseperti landak. Bulu seperti ini sebelumnya pernah ditemukan pada dinosaurusjenis Tianyulong yang ditemukan di wilayah China beberapa waktu lalu.
[imagetag]
“Bulu (pada Pegomastax africanus) tidaksekuat pada landak. Bulu-bulu juga tidak tampak dikhususkan untuk membungkustubuh. Mungkin, bulu itu punya warna untuk membedakan dengan spesies lain ataumembuat Pegomastax tampak lebih besar dari yang sebenarnya,” papar Sereno.
Menonjol dari moncong dinosaurus yangmenyerupa paruh burung beo ini adalah gigi taring yang bergerigi berukuran 0,8cm dari rahang atas maupun bawah. “Ini membuat dinosaurus itu tampakseperti drakula,” papar Sereno.


sumber :http://www.uf1.info/2012/12/drakula-kerdil-purba-ditemukan-di-afrika.html

0 comments:

Post a Comment