Breaking News
Loading...
Sunday, 18 November 2012


Pasti Agan-agan tau kan apa itu sirkuit?  Itu loh jalan atau trek yang dipakai untuk balapan kendaraan, baik mobil ataupun motor, di dunia ini mungkin banyak sekali ratusan, ribuan, atau bahkan tidak terhitung jumlah sirkuit balapan yang ada, tentunya sirkuit tidak hanya didesain untuk balapan kendaraan saja, contohnya ada sirkuit hewan, arena pacuan kuda.
Tapi yang mau ane bahas disini ialah sirkuit kendaraan bermotor ya Gan, langsung dimulai




1. Nurburgring Circuit (Jerman)


Sirkuit yang anda biasa lihat merupakan hanya sebagian kecil bagian sirkuit, aslinya sirkuit ini mempunyai total panjang sekitar 22KM dengan 176 tikungan, sirkuit ini mempunyai 4 konfigurasi diantaranya,

  1. Gesamtstrecke ("Whole Course") dengan panjang sirkuit 28,265 KM
  2. Nordschleife ("Northern Loop") dengan panjang sirkuit 22,810 km
  3. Südschleife ("Southern Loop" ) dengan panjang sirkuit 7747 km
  4. Zielschleife ("Finish Loop") dengan panjang sirkuit 2281 km
  5. GP-Strecke (“F1 Layout”) dengan panjang sirkuit 5.148 km


Sirkuit ini juga dipakai oleh berbagai balapan mobil diantaranya F1, 24 Hours, dan lainnya.

Spoilerfor F1 Layout:

Spoilerfor Nordschleife Layout:

Spoilerfor Sudschleife Layout:


Spoilerfor OnBoard:



2. Spa-Francorchamps Circuit (Belgium)


Spa-Francorchamps merupakan sirkuit sangat menantang, banyak para pembalap berkata demikian. Sirkuit ini cukup terkenal dikalangan para pecinta balap terutama pada bagian Eau Rouge.

Spoilerfor Eau Rouge:


Panjang sirkuit ini adalah 14 km tetapi karena alasan keselamatan sirkuit ini diperpendek menjadi sekitar 7 km saja. Sirkuit ini juga dipakai dalam kejuaraan balapan F1, DTM, serta Spa 24 Hours endurance races. Michael Schumacher merupakan salah satu pembalap yang sangat sukses di sirkuit dengan mengoleksi 6 kemenangan pada karir balapnya di F1.

Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor On Board:


3. Circuit de Monaco (Monaco)


Circuit de Monaco merupakan salah satu sirkuit yang berada di jalanan super sibuk tepat di Monte Carlo dan La Condamine di sekitar pelabuhan Monaco. Sirkuit ini menjadi ‘host’ dalam kejuaraan balap jet darat, F1 pada bulan Mei.

Ide sirkuit F1 yang berada dijalanan ini muncul oleh Anthony Noghes, pemimpin dari Monegasque car club. Balapan perdana diadakan pada tahun 1929 dan dimenangkan oleh William Grover yang pada saat itu mengendarai mobil Bugatti. Sampai sekarang, Ayrton Senna () menjadi pembalap yang sukses meraih kemenangan dengan 6 kali menang di sirkuit ini.

Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor OnBoard:


4. Autodromo Nazionale Monza (Italia)


Autodromo Nazionale Monza terletak di Monza, sebelah utara kota Milan, Italia. Sirkuit ini memilik panjang 5,973 km. Dipakai untuk F1, GP2, 1000km Monza, Superbike Formula 3, dan World Touring Car Championship. Sirkuit ini pertama dibuka pada tahun 1922. Sirkuit Monza sangat sering digunakan untuk balapan F1 kecuali pada tahun 1980 dimana sirkuit ini dibenahi.

Disamping balapan F1, sirkuit Monza ini pun pernah menjadi tuan rumah MotoGP dan sekarang menjadi tuan rumah Superbike. Sirkuit ini terkenal dengan sirkuit cepat karena pembalap dapat menekan pedal gas sampai maksimal (Pedal To The Metal). Karena kecepatan pula yang menyebabkan beberapa pembalap meninggal di sirkuit ini.


Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor Original Layout (1922-1933):


Spoilerfor On Board:


5. Potrero de los Funes Circuit (Argentina)



Mungkin banyak yang belum tahu dengan sirkuit ini, sama sih TS juga baru-baru tahu...:

Potrero de los Funes adalah sirkuit yang dibangun pada tahun 1987, dan dibangun kembali pada tahun 2008. Berada sejauh 14 km dari San Luis, Argentina. Sirkuit ini adalah sirkuit semi-permanen, dengan panjang sirkuit 6,270 km.

Kejuaraan balapan yang pernah menjadi tuan rumah disirkuit ini adalah, TC 2000, FIA GT Championship, Turismo Carretera, dan FIA GT1 World Championship.


Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor OnBoard:


6. Mazda Raceway Laguna Seca (Amerika Serikat)



Laguna Seca merupakan sirkuit yang terkenal yang berada di Utara Amerika ini tepatnya di Monterey, California, USA. Sirkuit ini memiliki panjang 3.602 km dengan jumlah tikungan sebanyak 11. Laguna Seca menjadi tuan rumah pada balapan MotoGP, WSB, dan AMA Racing. Laguna Seca mempunyai tikungan yang melegenda yakni, tikungan Corkscrew.

Spoilerfor Corkscrew:


Balapan lain yang pernah diselenggarakan di Laguna Seca adalah IndyCar. Pada awal tahun 1990-an, sirkuit ini direncakan akan menjadi tuan rumah GP Amerika pada balapan F1. Tetapi tidak terwujud dikarenakan terlalu pendek dan sempit.


Spoilerfor Track Layout:


Spoilerfor OnBoard:


Quote:7. Indianapolis Motor Speedway (Amerika Serikat)



Sirkuit ini memiliki konfigurasi serba guna yakni, bisa dipakai dalam bentuk oval dan bentuk sirkuit jalanan seperti biasanya. Sirkuit ini salah satu sirkuit yang tertua di dunia dimana sirkuit ini dibangun pada tahun 1909. Salah satu bagian disirkuit ini terdapat sebuah batu bata tepatnya di dekat starting line atau garis finish. Disini pengunjung selain selain mengunjungi sirkuit mereka juga bisa menikmati golf serta musium yang berada dekat di sirkuit Indianapolis.

Sirkuit ini menjadi tuan rumah balapan Indianapolis 500, dan juga balapan F1 dari tahun 2000 s/d 2007, dan semenjak tahun 2008 Indianapolis menjadi tuan rumah balapan MotoGP tentunya dengan menggunakan layout sirkuit “Motorycycle Course” sepanjang 4.218 km, dan sirkuit oval memiliki panjang 4.023 km.


Spoilerfor Oval Layout:


Spoilerfor F1 Layout:


Spoilerfor MotoGP Layout:



sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/508e580a0176084a38000017/13-sirkuit-balap-top-dunia-pilihan-serba-13

0 comments:

Post a Comment